May 20, 2024

Baru Dilantik, PPPK Blora, Grobogan dan Pati Ngantri Medical Check Up di RSUD Blora, Kami Siap Melayani!

By Kohwan Dec31,2023
Dokter Spesialis Jiwa, dr. Prima Kusumastuti, Sp.KJ. tengah melayani PPPK dari Grobogan (Foto Kohwan/JATENG UPDATES)

JATENG UPDATES, Blora – Pasca dilantik dan untuk melengkapi syarat, PPPK rame-rame ngantri di RSUD dr. R Soetijono Blora untuk Medical Check Up (MCU). Hal ini dilakukan tidak hanya dari PPPK Kabupaten Blora, melainkan ada yang dari luar kabupaten, seperti Pati dan juga Grobogan.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan RSUD dr. Soetijono Blora dr. Farida Laela mengatakan jika memang benar antrian melebihi kapasitas tempat. Ia menyebut PPPK yang MCU di RSUD Blora, ada warga lokal, bahkan adapula dari Kabupaten Pati dan Grobogan.

 

“Kapasitas disini itu sehari 100 pasien. Namun karena beberapa hari ini yang hadir hampir 2 kali lipat, maka akhirnya banyak tambahan ruangan yang digunakan. Ada 4 ruang penuh. Dan sisanya ada yang nunggu antrian di ruang tunggu atau pendopo RSUD,” jelasnya, Minggu (31/12/2023).

 

Menyikapi hal tersebut, Farida menghimbau agar para pasien mendaftar secara online dan dilengkapi identitas dengan benar dan jelas sesuai dengan KTP. Hal ini dimaksudkan untuk efektifitas dan efisiensi bagi mereka yang membutuhkan.

PPPK yang tengah Medical Check Up di RSUD Blora (Foto Kohwan/JATENG UPDATES)

“Kalau daftar online itu kenapa difasilitaskan? Dia kan harus mencantumkan sudah membayar administrasi duluan dan sudah ada datanya, jadi bisa dicicil untuk input datanya, dan antrian jadi tidak terlalu lama. Selain itu juga untuk mengurangi kesalahan pembuatan surat keterangan,” ungkapnya.

 

Farida menuturkan bahwa RSUD Blora memiliki 4 ruangan untuk MCU, dimana per ruangan ada 30 kursi.

 

“Yang datang hari ini ada 230 pasien. Kemarin 233. Nanti yang terdaftar di hari Selasa depan ada 203,” tuturnya.

PPPK yang tengah Medical Check Up di RSUD Blora (Foto Kohwan/JATENG UPDATES)

Akibat dari membludaknya pasien yang datang, alhasil jam kerja dokter semuanya sampai pukul 17.00 WIB.

BACA JUGA  RSUD Blora Siap Melayani Operasi Katarak Metode Phacoemulsification Untuk Pasien BPJS

 

“Biasanya cukup karena setiap hari buka pelayanan, namun antrian seperti ini terjadi ketika ada kebutuhan syarat untuk kelengkapan administrasi. Yaitu dengan pemeriksaan jasmani, pemeriksaan terkait dengan urine, pemeriksaan NAPZA (Narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya), saat seleksi CPNS, PPPK, dan Pendaftaran kerja,” ujarnya.

 

Meskipun demikian, Farida mengaku jika pihak RSUD Blora tetap akan berusaha untuk memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan nyaman.

 

“RSUD Blora senantiasa menjadi sahabat karib di kala sakit dan sahabat dekat di kala sehat,” imbuhnya.

PPPK yang tengah Medical Check Up di RSUD Blora (Foto Kohwan/JATENG UPDATES)

Sementara itu, Dewi seorang PPPK asal Grobogan mengaku mengurus MCU di RSUD Blora karena ajakan rekan sesama PPPK dari Blora yang baru keterima.

 

“Diajak teman dari Blora kesini. Ya karena ramai ramai dan cepat, saya ikutan ngantri disini. Alhamdulillah cepat jadi, dan pelayanan bagus,” pungkasnya.

By Kohwan