May 18, 2024

Sakit Perkemihan Tak Perlu Keluar Kota, Sebentar Lagi RSUD Blora Segera Miliki Alat Urologi

By Kohwan May8,2024

JATENG UPDATES, Blora – Dalam rangka mengatasi penderita penyakit kelainan pada perkemihan dan genital di masyarakat, RSUD Blora dikabarkan akan segera memiliki alat canggih urologi, yang merupakan bantuan dari Kementrian Kesehatan.

Hal tersebut dilatar belakangi meningkatnya warga Blora yang menderita penyakit tersebut. Dan susah payah harus berobat keluar kota.

“Sebetulnya untuk alat urologi itu kemarin itu agak berat karena harga yang sangat mahal. Cuma karena data kunjungan pasien dengan riwayat sakit batu-batuan di Blora sangat tinggi maka dari Kemenkes RI meloloskan,” terang Direktur RSUD Blora dr. Puji Basuki, melalui Kepala Bidang Keuangan Sri Miningsih, Rabu (8/5/2024).

Bantuan alat canggih tersebut didapatkan karena langkah sigap pihak Management RSUD demi memudahkan pelayanan ke masyarakat.

“Awalnya kita nggak dapat tetapi setelah kita sandingkan jumlah kunjungan pasien yang sebanyak 2000 orang tahun 2023 di Kabupaten Blora akhirnya lolos,” ungkapnya.

Mining berharap, dengan turunnya bantuan dari Kemenkes bisa meringankan warga Blora pengobatan.

“Saat ini kita (penderita perkemihan) orang Blora masih berobat ke tetangga sebelah seperti Bojonegoro dan Rembang. Urologi itu perkemihan, perkencingan, batu-batuan. Tahun 2024 ini kita dapat alat bagus. Harapannya, kedepan tidak perlu berobat yang jauh.

By Kohwan