May 20, 2024

Kabar Gembira ! Poliklinik Paru RSUD Blora Siap Layani Pasien BPJS

By Muntiyas Sylfany Dec22,2023
Tampak depan RSUD dr Soetijono Blora (Foto Muntiyas Sylfany/JATENG UPDATES)

JATENG UPDATES, Blora – Sepekan paska Pemerintah Kabupaten Blora mendapatkan piagam penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pati,yang menandakan 95,58% penduduk Kabupaten Blora memiliki Jaminan Kesehatan Nasional, pelayanan kesehatan di RSUD dr. R Soetijono Blora juga turut terdampak menjadi semakin menarik. Salah satunya yakni terkait pelayanan pasien paru.

Kabid Pelayanan RSUD dr. R. Soetijono Blora, dr. Farida Laela mengatakan jika pasien paru sekarang tidak perlu khawatir dengan biaya, karena pasien kategori ini sudah bisa dilayani jika berobat menggunakan kartu BPJS.

 

“Sebetulnya untuk Poliklinik Paru kita sudah launching untuk pasien umum per 25 September 2023 lalu. Namun begitu kemarin (21/12) setelah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Pati, berarti ini kita bisa melayani pasien BPJS,” tuturnya, Jumat (22/12/2023).

 

Kemudian, dr. Farida juga menegaskan bahwa pelayanan paru di RSUD Blora ini sudah modern dan memiliki alat sendiri, sejak beberapa bulan silam.

Kabid Pelayanan RSUD dr. R. Soetijono Blora, dr. Farida Laela (Foto Muntiyas Sylfany/JATENG UPDATES)

“Kalau Poliklinik Paru sudah kita lengkapi dengan USG Thorax, Spirometri dan Nebulizer juga sudah ada. Tidak cuma sekedar kita buka Poli Pelayanan Paru, tapi alatnya juga kita lengkapi. Selama ini mungkin masyarakat tahunya USG di perut ya untuk periksa kehamilan, namun sekarang di RSUD dr. R. Soetijono Blora sudah ada alat canggih untuk USG di thorax atau dada untuk membantu menegakkan diagnosa pasien paru”, terangnya.

 

Selanjutnya, dr. Farida mengatakan jika RSUD Blora akan senantiasa melayani masyarakat dengan bertambah baik,sat set,dan ramah sebagaimana halnya jargonnya yakni menjadi Sahabat Karib di saat Sakit dan Sahabat Dekat di kala Sehat

BACA JUGA  gunakan teknik sunat tanpa jarum suntik plus taman bermain, Rumah Khitanan dr Bayu digemari anak-anak

“Untuk Poliklinik Paru akan diampu dr. Yudhi Prasetyo, Sp.P. Beliau adalah dokter Spesialis Paru yang akan menangani pasien dengan keluhan gangguan kesehatan pada sistem pernapasan termasuk paru-paru, bronkus, bronkiolus, alveolus seperti mengi, nyeri dada atau sesak nafas, kesulitan bernapas, pilek kronis atau berulang, asma, batuk parah atau kronis, hingga batuk berdarah yang disertai penurunan berat badan drastis secara paripurna,profesional dan kompeten,tak ketinggalan kita juga sudah menyiapkan ruang rawat inap khusus untuk pasien Paru atau TBC dengan ruang yang terpisah dengan pasien lain ,” jelasnya.

 

Disampaikannya, untuk jadwal pelayanannya yakni Senin, Selasa dan Jumat dari pukul 08.00 WIB hingga selesai.

 

“Sedangkan untuk hari Rabu dan Kamis, dari pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB, masyarakat yang membutuhkan silahkan datang ke RSUD dr R Soetijono,kami siap melayani,bisa daftar langsung ataupun daftar melalui antrian online MJKN bisa juga dengan aplikasi Dolan Soetijono ” pungkasnya.