May 18, 2024

RSUD Blora Siap Melayani Operasi Katarak Metode Phacoemulsification Untuk Pasien BPJS

By Muntiyas Sylfany Dec25,2023
Proses operasi katarak di RSUD dr Soetijono Blora (Foto Muntiyas Sylfany/JATENG UPDATES)

JATENG UPDATES, Blora – Pasca tanda tangani kesepakatan dengan BPJS Kesehatan kantor cabang Pati, RSUD dr. R. Soetijono Kabupaten Blora, Jawa Tengah umumkan kabar baik untuk masyarakat. Kabar tersebut terkait penanganan sakit mata katarak. Baik pasien biaya sendiri maupun pasien BPJS, akan mendapatkan pelayanan terbaik.

Salah satu teknik operasi Katarak yang akan digunakan pihak RSUD dr. R. Soetijono, yakni jenis operasi katarak Phacoemulsification. Metode penanganan di kalangan tenaga medis dianggap paling ampuh untuk menyembuhkan mata katarak, tanpa jahitan.

Prosedur operasi yang akrab disingkat dengan sebutan Phaco ini bertujuan memperbaiki penglihatan pasien yang terganggu karena katarak. Metode ini hanya bisa dilaksanakan oleh dokter spesialis mata.

 

Kasi Pelayanan dan Penunjang Medis RSUD dr. R. Soetijono, dr. Retna Wuwuh Nugraheni mengatakan bahwa Phacoemulsification adalah tehnik operasi katarak menggunakan mesin gelombang ultrasonik.

Kasi Pelayanan dan Penunjang Medis RSUD dr. R. Soetijono, dr. Retna Wuwuh Nugraheni (Foto Muntiyas Sylfany/JATENG UPDATES)

“Kelebihan dari operasi katarak tehnik phaco emulsifikasi antara lain, sayatan sangat kecil, proses cepat, tanpa jahitan. Usai operasi pasien bisa langsung pulang. Perawatan dan pemulihan lebih cepat. Dapat dilakukan pada semua tingkatan katarak. Pengobatan jenis ini mengurangi rasa ngeres, rasa nyeri dan ketidaknyamanan pada mata,” jelasnya, Kamis (21/12/2023).

 

Kemudian dr. Retna juga menyebut bahwa baik pasien mandiri dan BPJS bisa memanfaatkan pengobatan phacoemulsifikasi.

 

“Untuk pembiayaan, apabila sudah sesuai dengan BPJS, pasien tidak akan dikenakan tambahan biaya, kecuali ada permintaan naik kelas,” katanya.

Selanjutnya dr. Retna juga memberikan tips agar mempermudah pasien dalam berobat, yakni apabila datang sebagai pasien umum bisa melakukan pendaftaran di loket, sedangkan pasien BPJS pendaftaran wajib melalui MJKN online.

BACA JUGA  gunakan teknik sunat tanpa jarum suntik plus taman bermain, Rumah Khitanan dr Bayu digemari anak-anak

 

“Untuk jadwal masih seperti biasa. Pengobatan spesialis mata oleh dr. Intan Yuliyana, Sp.M., yakni Senin sampai Jumat pukul 09.00 WIB sampai selesai. Untuk operasi mata khusus hari Rabu dari pukul 08.00 WIB sampai selesai,” pungkasnya.