May 18, 2024

18 Dalang Cilik Blora Siap Tampil di Panggung Besar Program Dana Indonesiana Tema Merawat Bumi

By Kohwan Dec25,2023
Suasana latihan 18 Dalang Cilik Blora yang akan tampil di Panggung program Dana Indonesiana (Foto Kohwan/JATENG UPDATES)

JATENG UPDATES, Blora – Raut bahagia tampak dari 18 dalang cilik berstatus pelajar di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Mereka tampak antusias mempersiapkan diri untuk tampil di panggung besar program kementrian melalui Dana Indonesiana.

Lokakarya dan pementasan 18 dalang ini merupakan salah satu program promosi pemajuan kebudayaan untuk kehidupan berkelanjutan, yang memiliki tema merawat bumi.
 
Ketika ditemui JATENG UPDATES di tempat pelatihan dan persiapan, yakni sanggar Cahya Sumirat di Desa Purwosari Kecamatan Blora, Munasir selaku Koordinator program mengatakan jika program ini diikuti dari 18 pelajar SD, SMP dan SMK.
Suasana latihan 18 Dalang Cilik Blora yang akan tampil di Panggung program Dana Indonesiana (Foto Kohwan/JATENG UPDATES)

“Ada Farel Dwi Nugroho dari SMPN 2 Blora, Tangguh Setyo Utomo dari SMPN 2 Blora, Jalu Mahendra dari SDN 1 Tambahrejo, Cemara Zena Ramdan dari MI Futuhul Islamiyah, Praditya Dwi Fabiansyah dari SMPN 7 Blora, Galang Dwi Saputra dari SMPN 1 Sambong, Augesti Anggara dari SMP Sion Blora, Gudel Wijdyansah dari MTS Maarif 2 Blora, Arsyada Izmatullah dari SDN Gombang, Alvian Endix Dwi dari SD Muhammadiyah Blora, Nuryan Santoso dari SMP 2 Tawangharjo, Sulaiman dari SDIT Permata Mulia, Nurca Wildian dari SMKN 1 Jepon, Rudi Brilianto dari SMPN 4 Blora, Prabu Satrio dari SDN 1 Cepu, Satrio Damar Sakti dari SDN Sumberejo, Davi Ramadhan dari SMPN 6 Blora dan Sawung Prabaswara dari SDN Purwosari 1 Blora,” jelasnya, Senin (25/12/2023).

Kebersamaan 18 Dalang Cilik Blora yang akan tampil di Panggung program Dana Indonesiana (Foto Kohwan/JATENG UPDATES)
Munasir mengatakan jika peserta mendapat pelatihan dan persiapan selama 1 Minggu dengan didampingi 2 Fasilitator.
 
“Latihannya setiap hari selama 1 minggu, usai pulang sekolah, dari jam 14:00 WIB sd 17:30 WIB,” terangnya.
 
Munasir menambahkan jika acara ini bertujuan untuk mempromosikan isu isu berbasis pembangunan berkelanjutan melalui media tradisional yakni wayang. Selain itu juga memperkuat dukungan regenerasi dalang.
Nuryan Santoso peserta kelas VIII dari SMP 2 Tawangharjo (Foto Kohwan/JATENG UPDATES)
Sementara itu, Nuryan Santoso peserta kelas VIII dari SMP 2 Tawangharjo mengatakan sangat senang dengan kegiatan ini. Menurutnya ajang ini bisa membuka dan memberikan jalan untuk menambah pengalaman serta mengikuti jejak dalang populer idolanya.
 
“Saya suka Dalang sekitar 3 bulan ini. Bermula dari melihat konten YouTube. Ikut ini karena ada temannya bapak yang memberi informasi. Harapan ikut ini pengen jadi Dalang profesional dikemudian hari” ucap dalang Cilik penggemar dalang profesional Ki Seno Nugroho.

By Kohwan