May 18, 2024

Apa Itu Airdrop? Benarkah Bisa Dapat Uang Gratis Hingga Ratusan Juta?

By Kohwan Oct25,2023
Najib Dan Andhy, Model Blora Updates (Foto Kohwan/JATENG Updates)
Najib Dan Andhy, Model Blora Updates (Foto Kohwan/JATENG Updates)

JATENG UPDATES, Blora – Saat ini masuk Era serba digital. Era ini juga menciptakan beragam peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu yang paling fenomenal di kalangan anak muda saat ini yakni Airdrop. Konon kabarnya dengan mengikuti Airdrop kamu bisa mendapatkan uang hingga ratusan juta secara cuma-cuma alias gratis dengan modal hanya akses internet, gawai ataupun komputer.

Di Indonesia sendiri Airdrop belum banyak diketahui, namun sudah ada beberapa komunitas yang setiap hari memberikan informasi mengenai “garapan” Airdrop, biasanya disertakan dengan panduan lengkapnya.

Salah satu komunitas Airdrop Indonesia yang saat ini paling besar adalah Airdrop Finder. Komunitas ini telah memiliki 155.000 lebih anggota aktif yang tergabung dalam channel berbasis Telegram. Setiap hari Airdrop Finder memberikan informasi peluang Airdrop yang telah melewati proses kurasi terlebih dahulu untuk menghindari proyek “Scam” .

Berikut informasi mengenai Airdrop saat ini yang berhasil dirangkum oleh redaksi JATENG Updates.

Apa Itu Airdrop

Airdrop adalah pemberian token atau koin kripto secara cuma-cuma atau gratis ke alamat dompet mata uang kripto kamu. Airdrop merupakan sebuah cara untuk aktivitas promosi sebuah proyek seĥingga memiliki basis pengguna yang besar. Tujuan utama dari airdrop guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk aset kripto baru serta dapat digunakan sebagai strategi pemasaran sehingga meningkatkan volume perdagangan saat pertama kali diluncurkan ke pasar Initial Coin Offering (ICO).

Salah satu contoh dari ribuan Airdrop yang fantastis adalah Airdrop dari Arbitrum yang dimulai sejak Maret 2023. Firma Analitik dari Nansen menyebutkan data tercatat 77. 500 Wallet yang mendapatkan Airdrop. Dari total 625.143 penerima Airdrop yang terdata telah melakukan eligible klaim. 

BACA JUGA  Warga Blora Dukung Berdirinya PT. Pentawira Agraha Sakti, Pabrik Kapur Berkapasitas 1000 Pekerja

Arbitrum sendiri merupakan blockchain Layer 2, dirancang untuk meningkatkan skalabilitas pada jaringan Ethereum. Total value locked (TVL) Arbitrum per Maret 2023 mencapai $1,86 miliar

Jumlah rata-rata penerima Airdrop mendapatkan 1.859 dalam setiap walletnya, hal tersebut tergantung pada setiap kontribusi peserta pada jaringan Arbitrum. Arbitrum juga membagikan 245.000 kepada 1.000 – 2.000 Wallet. Terbanyak ada yang mendapatkan hingga 200.000 Arbitrum, dimana saat ini nilainya berada di kisaran $1,29 per keping. Artinya rata-rata penerima airdrop Arbitrum memperoleh Arbitrum gratis hingga puluhan bahkan ratusan juta secara gratis.

 

Bagaimana Mengikuti Airdrop

Sebelum membagikan aset kripto gratis ke pengguna, biasanya perusahaan atau penyelenggara akan mengumumkan tanggal beserta tugas yang harus dilakukan. Kamu bisa mendapatkan informasi Airdrop dengan bergabung di komunitas seperti Airdrop Finder. Kamu perlu mempelajarinya dengan cermat tiap langkahnya. Yang paling mudah adalah dengan mengikuti komunitas dan aktif bertanya jika kamu adalah seorang pemula.

Jenis Program Airdrop

Airdrop Standar

Untuk mengikuti Airdrop jenis ini biasanya kamu hanya melakukan aktivitas untuk mendaftarkan diri di situs penyedia. Biasanya hanya mendaftarkan nama dan alamat email saja.

 

Airdrop Bounty

Jenis Airdrop ini biasanya meminta kamu melakukan beberapa hal di situs media sosial seperti men-tweet tautan situs web atau mengajak followers untuk berpartisipasi mengikuti kampanye atau kegiatan yang tengah diselenggarakan. 

 

Exclusive Airdrop

Jenis Airdrop ini adalah kegiatan bagi-bagi koin dalam bentuk eksklusif. Biasanya dikelola dan di hosting oleh situs web dan akun media sosial. Kamu sebagai anggota situs, atau pengikut akun media sosial tersebut tentu berhak untuk berpartisipasi dalam pembagian aset kripto yang eksklusif ini.

By Kohwan