May 18, 2024

Kemeriahan Jepon Mural Fest Iringi HUT Blora Ke-274, Terselip Pesan Ajak Warga Percantik Kota

By Kohwan Dec10,2023
Pembagian hadiah juara umum Jepon Mural Fest oleh Camat Aris Widodo (Foto Kohwan/JATENG UPDATES)

JATENG UPDATES, Blora – Ingin sulap wilayah kumuh menjadi bersih dan estetik, Camat Jepon dibantu Karang Taruna setempat gelar lomba Jepon Mural Fest. Event ini sekaligus dalam rangka peringati HUT Kabupaten Blora ke-274 yang jatuh setiap tanggal 11 Desember.

Dari pantauan JATENG UPDATES di lokasi, acara ini digelar tanggal 9 dan 10 Desember 2023 di halaman parkir Gedung Serbaguna Jepon. Event ini diikuti puluhan Seniman dari remaja hingga dewasa, yang berasal tidak hanya dari Kabupaten Blora, namun hampir separo peserta berasal dari luar kota. Diantaranya berasal dari Malang, Surabaya, Demak, Rembang, Sleman, Tegal, Banjarnegara, bahkan hingga Bekasi, Jawa Barat.

Salah satu lukisan peserta JEPON MURAL FEST (Foto Kohwan/JATENG UPDATES)

Beragam agenda mendampingi acara Jepon Mural Fest diantaranya pemutaran film bertema Barongan dari karya anak Blora. Selanjutnya ada bazar UKM, Performance tari tradisional, Pencak silat, dan spesial performance dari Barongan Waringin Seto Kumbang Djoyo.

Tak ketinggalan, musisi muda dari generasi Y (milenial) dan generasi Z pun turut hadir memeriahkan. Ada 5 group band yang masing-masing membawakan 4 buah lagu. Band kenamaan tersebut diantaranya DTH acoustic, Bandsos, Cofaide Night, Projective, dan Alang Alang.

 

Tak heran jika gelaran yang memiliki total hadiah Rp.8 Juta tersebut, mampu menarik ribuan penonton dan pengunjung.

Camat Jepon Aris Widodo mengatakan sangat bangga dengan apa yang telah dilaksanakan Karang Taruna Kencana Jepon. Camat yang baru saja pindah ke Jepon tersebut juga mengatakan tujuan awal lomba ini sebagai upaya menata wilayahnya serta memperingati HUT Blora yang ke-274.

 

“Awalnya saya prihatin dengan salah satu titik wajah Jepon, tepatnya lampu merah stasiun Jepon. Kerap jadi pusat perhatian, namun kurang sedap dipandang. Melalui lomba mural ini, optimis bisa mempercantik Jepon. Kedepan bisa menjadi inspirasi, dan percontohan. Optimis wajah Jepon selanjutnya akan menjadi lebih indah, bersih dan estetik,” terangnya.

BACA JUGA  Pabrik Baru Dibangun, PT Pentawira Agraha Sakti Di Blora Didemo : Kami Mendukung, Tapi…

Aris menambahkan, bahwa dirinya juga ingin berencana meramaikan eks stasiun Jepon pasca dihiasi hiasan Mural.

 

“Saya sudah mulai mengintervarisir apa saja dari Jepon yang bisa digali dan dikembangkan. Khusus stasiun Jepon sepertinya kedepan, selapan dino pisan (36 hari sekali sesuai pasaran jawa), bisa dibuat tempat tempat nongkrong bersama. Bisa diisi angkringan, jajanan, serta diberi spot untuk main music agar Jepon semakin ramai,” ungkapnya saat sambutan penutupan acara tadi malam, Minggu (10/12/2023).

Camat Jepon dapat kejutan lukisan dari Usye peserta lomba asal Surabaya(Foto Kohwan/JATENG UPDATES)

Berikut daftar lengkap pemenang lomba Jepon Mural Fest

Juara umum

  1. Govinda art dari Batu Malang, Jatim
  2. ⁠Assay art dari Batu Malang, Jatim
  3. ⁠Ari Setyo dari Cepu, Kab Blora, Jateng

 

Terbaik umum

  1. NNart dari Batu Malang, Jatim
  2. Zulffiana Rofiatul Asiyah dari Malang, Jatim
  3. KKN R 8620 dari UNY, Jogja
  4. Juni art dari Batu Malang, Jatim
  5. Brantas dari Blora, Jateng

 

Juara Favorit : Tarmuji Jepon Blora, Jateng

 

Juara kategori sekolah

  1. SMANSA 1 BLORA
  2. MAN BLORA BERCAHAYA
  3. ESTENSI SMKN 1 JEPON

 

Terbaik

  1. Narturalis dari SMANSA BLORA
  2. SMAN 1 Ngawen

 

Selamat buat para pemenang dan terus semangat para seniman lukis.

By Kohwan