May 18, 2024

11 Tujuan Menarik Wisata Blora, Salah Satunya Pernah Dikunjungi Calon Presiden

By Kohwan Oct8,2023
Bukit Pencu (kanan) Waduk Greneng ( tengah dan kiri) (Foto Firmansyah/JATENG Updates)

JATENG UPDATES, Blora – Kabupaten Blora, merupakan salah satu wilayah miskin di Jawa Tengah meskipun memiliki potensi Sumber Daya Alam luar biasa, yakni hutan jati hampir menutupu 50% luas wilayahnya dan juga memiliki ratusan titik sumur minyak tua, peninggalan Belanda.

Tak hanya wilayah miskin, Kabupaten Blora juga dikenal wilayah tandus, yang kerap dilanda bencana kekeringan ketika bulan kemarau melanda.

Namun dibalik kekurangan tersebut dan jarangnya pabrik padat karya, Kabupaten yang merupakan bumi kelahiran kepercayaan Sedulur Sikep tersebut, memiliki potensi wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah hingga wisata edukasi yang dapat memikat hati banyak wisatawan.

Nah, Berikut 10 titik tujuan wisata Blora yang dihimpun oleh redaksi JATENG Updates, sang

Suasana sore Wisata Desa Noyo Gimbal View (Foto Instagram @noyogimbalview / JATENG Updates)
1. NOYO GIMBAL
Noyo Gimbal adalah salah satu tujuan Desa Wisata yang berada di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon. Disini kalian bisa menikmati aneka kuliner murah meriah. Selain itu juga bisa berselfie ria dengan Patung Raksasa Koyo Gimbal, yang merupakan salah satu pejuang dijaman Pra Kemerdekaan. Nah akan semakin menarik lagi jika kalian manfaatkan untuk mencari tahu kisah heroik perjuangan Pahlawan satu ini ketika melawan Kompeni atau Penjajah.
 
2. BUKIT KUNCI
Wisata alam Bukit Kunci dikelola BUMDes dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Bangowan Kecamatan Jiken. Buat yang suka dengan panorama bentang alam yang indah dan udara segar, lokasi ini wajib kamu kunjungi. Kalian juga bisa bermalam di Glamping Kayu yang khusus disediakan bagi pengunjung. Cocok banget main kesini mengajak pasangan kamu, sambil berbicara indahnya masa depan.
 
3. KAMPUNG DURIAN
Apakah kamu pecinta Durian? Jika kamu adalah pecinta raja buah satu ini, dapat berkunjung Di Kampung Durian Desa Tunjungan. Disini kamu dapat menikmati durian yang langsung jatuh dari pohonnya. Wisata kuliner ini dikelola oleh Bumdesa, dan di resmikan oleh Pemkab Blora mulai awal tahun ini.
 
4. KAMPUNG SAMIN, SAMBONGREJO
Desa Wisata Kampung Samin di Desa Sambongrejo dikenal sebagai salah satu desa wisata terbaik di Jawa Tengah. Disini pula merupakan kediaman ketua paguyuban Sedulur Sikep Kabupaten Blora, bernama Mbah Pramugi. Tak heran jika Gubernur Jawa Tengah yang bakal nyapres tahun 2024, Ganjar Pranowo pernah berkunjung kesini.
Wisata ini menonjolkan wisata kearifan lokal, kesenian tradisional, hingga aneka wisata kuliner khas masyarakat adat Samin. Desa yang berada di Kecamatan Sambong, tahun ini juga masuk dalam jajaran 75 desa terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf.
Suasana Bukit Mundri sore hari (Foto Firmansyah/JATENG Updates)
5. KOPI SANTAN, JEPANG REJO
Apakah kamu sudah pernah minum kopi yañg diseduh dan diracik dengan santan segar? Berkunjunglah ke Desa Jepang Rejo dan nikmati sensasi gurih beradu dengan pahitnya kopi. Kopi Santan dari Jepang Rejo bahkan telah masuk ke dalam buku Keberagaman Kopi Nusantara karya Bondan Winarno.
 
6. PERPUSTAKAAN PATTABA DAN RUMAH PRAMOEDYA ANANTA TOER
Kediaman salah satu tokoh sastra dunia kelahiran Blora yakni Pramoedya Ananta Toer, selain menjadi tempat bermukimnya Soesilo Toer adik dari Pramoedya Ananta Toer, kini juga disulap menjadi perpustakaan yang diberi nama Pattaba. Kamu dapat berkunjung dan menyaksikan ratusan buku hebat karya sang maestro, hingga belanja buku-buku dari terbitan Pattaba.
 
7. WISATA HERITAGE & ALAM KERETA UAP
Untuk kamu yang ingin bernostalgia ke masa lalu, dapat juga melakukan wisata heritage sekaligus menikmati pesona bentang alam kawasan KPH Cepu dengan menggunakan kereta uap. Wisata Heritage ini akan memberikan kamu pengalaman menakjubkan dengan melintasi pedesaan dan kawasan perhutanan di Cepu yang masih begitu alami.
 
8. GUBUG PAYUNG
Untuk kamu yang senang menikmati wisata alam terdapat juga pilihan wisata alam Gubug Payung, yang terletak di Kecamatan Sambong. Ratusan pohon berdiameter raksasa jenis Jati masih terjaga keasriannya dalam kawasan hutan lindung tersebut. Di kawasan ini juga terdapat pohon jati raksasa yang berusia ratusan tahun dan tercatat di Museum Rekor Indonesia.
Suasana siang Wisata Goa Terawang di Kecamatan Todanan Kab. Blora (Foto from blorakab.go.id / JATENG Updates)
9. BUKIT MUNDRI
Menikmati Blora dari ketinggian di bukit Mundri juga merupakan destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi. Disini juga kerab disebut Puncak Baret, yang digunakan pasukan TNI Yonif Alugoro ketika akan melalui kenaikan pangkat maupun sekedar berlatih. Jikalau ingin kemah kamu juga tidak perlu khawatir karena pengelola wisata ini, menyewakan alat berkemah. Wisata ini berada di Desa Waru Kecamatan Jepon, dan hanya 30 menit jarak tempuh naik motor dari Blora Kota.
 
10. GOA TERAWANG
Goa Terawang berada di Kecamatan Todanan, atau wilayah Blora paling barat. Wisata Alam ini terbentuk dari endapan batu gamping pegunungan, dan berada di kawasan kesatuan pengelolaan hutan atau KPH, Blora. Gua yang terkenal eksotis dan tujuan para Photographer ini, memiliki panjang alur lebih dari 180 meter dengan kedalaman hingga 11 Meter. Semakin beruntung ketika bermain dikawasin ini, anda masih dengan mudah akan berjumpa dengan puluhan Monyet yang hidup secara alami. Jangan lupa bawa pisang dan kacang ya untuk si Monkey.
 
11. WADUK GRENENG
Waduk Greneng merupakan destinasi wisata air dengen bentang pemandangan yang indah. Disini kamu bisa cobain sensasi naik perahu dengan harga sangat murah untuk menuju pulau Cemoro Sewu. Selain bermain, kamu juga bisa icip icip kuliner ataupun melakukan swafoto bareng teman maupun belahan jiwa kamu. Rekomendasi banget buat yang ingin prewedding.
 
Itulah ragam destinasi wisata pilihan di Kabupaten Blora, jangan lupa ketika Dolan Blora, mampir kesini ya..!!!

By Kohwan