May 20, 2024

Tunjukan Yel Yel Kreatif Pasca Apel Siaga, Bawaslu Blora : Kami Siap Awasi Kampanye Pemilu

By Kohwan Nov28,2023
Pasca Apel Siaga, Jajaran Bawaslu Blora tunjukan yel yel kreatif (Kohwan/JATENG UPDATES)

JATENG UPDATES, Blora – 494 petugas pemilu jajaran Bawaslu Kabupaten Blora, Jawa Tengah gelar apel siaga di Alun-alun, pada hari pertama tahapan kampanye pemilu 2024. Menunjukan kesiap-siagaan tersebut, merekapun kompak gaungkan yel-yel penuh semangat dalam mengawal proses kampanye.

Dari pantauan Jateng Updates di lokasi, apel siaga yang dibuka dengan penampilan seni Barongan khas Blora tersebut tampak dihadiri Forkopimda, KPU Blora, serta seluruh peserta pemilu. Tamu undangan tersebut, juga turut serta melakukan pemukulan kentongan dan penandatanganan pakta integritas, sebagai wujud dukungan menciptakan pemilu damai dan berkualitas.

 

Selanjutnya acara ditutup dengan memperlihatkan yel-yel kreatif dari tiap kecamatan terkait edukasi pengawasan pemilu.

Bawaslu Blora gelar apel siaga di Alun-alun (Kohwan/JATENG UPDATES)

Dihadapan tamu undangan dan peserta upacara yang berasal dari Panwaslucam dan Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD), Ketua Bawaslu Kabupaten Blora Andyka Fuad Ibrahim menyampaikan, bahwa apel sebagai wujud bahwa Bawaslu Blora siap mengawal proses pengawasan Pemilu Serentak 2024.

“Ingat tugas kita sebagai pengawas pemilu yaitu, awasi, cegah dan tindak. Dalam pengawasan, mari kita mengedepankan pencegahan terlebih dahulu, baru penindakan,” terangnya, Selasa (28/11/2023).

 

Andyka sapaan akrabnya, juga menyampaikan bahwa ada beberapa fokus pengawasan dalam tahapan kampanye.

 

“Yakni politik uang, netralitas ASN, Berita hoaks, ujaran kebencian, dan isu SARA,” imbuhnya.

Forkopimda, KPU dan Bawaslu Blora kompak ciptakan pemilu damai (Kohwan/JATENG UPDATES)

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Blora Arief Rohman menyampaikan bahwa kerawanan pemilu di wilayak Kabupaten Blora ini cukup rendah.

 

“Lakukan koordinasi dengan stakeholder sesuat tingkatan sebagai upaya pencegahan pelanggaran Pemilu.” ucapnya.

 

Diketahui bahwa durasi tahapan kampanye Pemilu tahun 2024, jauh lebih singkat dibanding sebelumnya, yakni hanya berlangsung selama 75 hari, yang dimulai pada tanggal 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024. Aturan ini sesuai dengan jadwal yang termuat dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 tahun 2023.


BACA JUGA  PKB Blora : Pasangan Anies Dan Cak Imin Tak Gentar Hadapi Ganjar Dan Mahfud MD

By Kohwan