May 18, 2024

Terima Kasih Presiden, Warga karo Patungan Buat Patung Jokowi Senilai 2,5 Miliar

By Kohwan Nov7,2023
Terima Kasih Presiden, Warga Karo Patungan Buat Patung Jokowi Senilai 2,5 Miliar (Foto Kohwan/JATENG UPDATES)
Terima Kasih Presiden, Warga Karo Patungan Buat Patung Jokowi Senilai 2,5 Miliar (Foto Kohwan/JATENG UPDATES)

JATENG UPDATES, Medan – Wujud cinta rakyat terhadap seorang Presiden atau Pemimpin Negara dapat bervariasi dan meliputi berbagai bentuk. Diantaranya partisipasi dalam pemilihan, Dukungan terhadap kebijakan, Partisipasi dalam kegiatan social, Penghargaan dan penghormatan, Membuat seni atau karya tulis ataupun patung. Seperti halnya yang dilakukan rakyat Indonesia di Sumatera utara.

Berikut fakta yang berhasil dirangkum JATENG UPDATES terkait pembangunan patung Jokowi senilai 2.5 miliar.

Patung Jokowi di Karo

Karo adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah penduduk pada tahun 2022 sebanyak 412.427 jiwa. Beberapa warga merupakan penganut penghayat kepercayaan Pemena. Kabupaten ini berada di Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki iklim sejuk dan hasil tani andalan, diantaranya buah jeruk.

Warga Karo patungan buat Patung Jokowi

Masih ingat dengan warga dari Kabupaten Karo yang pernah heboh dan viral karena mengirimkan jeruk satu truk untuk Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta? Kini, warga setempat sukarela patungan membangun patung Jokowi.

 

Kala itu, pengiriman jeruk satu truk ke Istana Kepresidenan dimaksudkan sebagai oleh-oleh disertai permintaan agar jalanan di Liang Melas Datas (LMD) Kabupaten Karo itu diperbaiki. Jeruk itu dikirimkan dan diterima pada 3 Desember 2021 silam. Lantas, jalanan di kawasan itu mulai diperbaiki pada Februari 2022.

Terima Kasih Presiden, Warga Karo Patungan Buat Patung Jokowi Senilai 2,5 Miliar (Foto Kohwan/JATENG UPDATES)

Terima kasih Jokowi

Patung dibangun di LMD, sebagai wujud terima kasih warga atas perbaikan jalan yang dilakukan Jokowi di lokasi itu. Kini usaha dan kehidupan warga terasa lebih mudah pasca memiliki jalan halus.

Patung Jokowi senilai Rp. 2,5 miliar

Ketua Panitia pembangunan Monumen Juma Jokowi, Kepala Desa Polatebu Adil Sebayang mengatakan jika mereka membangun patung Jokowi itu dari dana masyarakat. Uang iuran warga dari 6 desa di LMD. Dana terkumpul nantinya ditaksir mencapai Rp 400 juta, sedangkan berdasarkan perhitungan arsitek Boy Brahmana, pembangunan Monumen Juma Jokowi itu akan menghabiskan dana Rp 2,5 miliar.

BACA JUGA  Wakil Rakyat di Blora Bicara Jujur Bahwa Belum Pernah Kunjungi Anak Korban Pelecehan Seksual

Bobby Nasution dan teman bantu 500 Juta Untuk Patung Jokowi

Menanggapi permintaan Adil, Bobby Nasution dalam sambutannya pun mengatakan ia sudah mendapat informasi permohonan bantuan sebelum datang ke acara.

 

“Pak Kades, pasti koyak banyak. Tapi saya tak mau koyak sendiri, saya ajak teman-teman di Medan dan Karo menyumbang, sepakatlah membantu Rp 500 juta,” ucap Menantu Presiden tersebut disambut tawa dan tepuk tangan.

 

Walikota Medan tersebut juga berharap bantuan itu tidak dilihat jumlahnya, tetapi sebagai apresiasi bagi masyarakat untuk tetap semangat membangun desa

Terima Kasih Presiden, Warga Karo Patungan Buat Patung Jokowi Senilai 2,5 Miliar (Foto Kohwan/JATENG UPDATES)

Tampilan Patung Jokowi

Patung Jokowi nantinya akan diletakkan di Monumen Juma Jokowi dengan tinggi patung 6 meter dan pondasi 1,5 meter, berwarna mirip perunggu. Desainnya unik. Selain itu, akan ada taman di sekitar patung. Tampak pada patung itu Wajah Jokowi memandang ke depan dan tangan kanannya mengangkat seolah melambaikan tangan.

Disetujui Presiden Jokowi

Saat acara peletakan batu pertama, Sabtu (4/11) lalu, Presiden Jokowi menyampaikan sambutannya via video call dari ponsel Bobby Nasution.

“Saya senang, itu saja. Saya senang kalau masyarakat senang. Terima kasih Pak Kades dan seluruh warga di Liang Melas Datas, terima kasih dan selamat siang. Menjuah juah,” kata Jokowi.

By Kohwan