May 18, 2024

walikota Semarang anggarkan 8 Miliar Beli 177 Vario Merah Untuk Lurah, Netizen : Tidak Wajar

By Kohwan Dec8,2023
Walikota Semarang anggarkan 8 Miliar Beli 177 Vario Merah Untuk Lurah (Foto istimewa/JATENG UPDATES)

JATENG UPDATES, Semarang – Sosok Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu kini menjadi sorotan, lantaran ia membagikan sepeda motor dinas pada saat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) pada seluruh lurah di Kota Semarang. Momen itu terjadi di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang pada Rabu (29/11).

Mbak Ita sapaan akrabnya menyatakan total anggaran yang dikucurkan untuk pengadaan 177 unit sepeda motor dan dibagikan ke lurah, yakni jenis Honda Vario 160 CC senilai Rp 8 miliar.  

 

Pengadaan sebanyak 177 unit sepeda motor dinas Honda Vario 160 diperuntukan bagi lurah oleh Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah berakhir dihujat warganet.

 

Dalam postingan akun Instagram memomedsos_official, pengadaan sepeda motor yang menghabiskan anggaran Rp 8 miliar itu mendapatkan komentar negatif dari warganet.

 

Akun ir.cham2000 juga ikut berkomentar di postingan memomedsos_official. Dia menyebut jika ada selisih lebih bayar Rp 2,8 miliar dalam pengadaan sepeda motor itu.

 

“Harga Vario 160 tahun 2023 Rp 29,51 juta (varian tertinggi). Rp 29.51 juta × 177 motor: Rp 5,2 miliar. Rp 8 M – Rp 5,2 miliar: Rp 2,8 miliar (keuntungannya),” tulisnya.

Senada juga dikatakan akun helmy_firdaus. Ia menyebut anggaran untuk pengadaan sepeda motor itu ada kelebihan Rp 2 miliar.

 

“Lumayan masih untung Rp 2 miliar lebih,” tulisnya di kolom komentar.

 

Menanggapi hal itu, Mbak ita mengklarifikasi informasi yang beredar.

 

Politisi PDI Perjuangan tersebut meminta maaf atas kesalahannya tidak menjelaskan rincian anggaran sebesar Rp 8 miliar itu.

 

Dia menjelaskan, anggaran Rp 8 miliar tersebut juga digunakan untuk pengadaan barang rumah tangga lainnya.

BACA JUGA  Klarifikasi Pejabat Blora Tanggapi Rumor Embel-Embel Pencairan Bantuan Peralatan Pertanian

By Kohwan