May 18, 2024

Dolan Rembang Ketemu Semut Ireng dari Blora, Rembang, Pati, Kaesang : Ingin Ketemu Pendukung Jokowi

By Syaiful Annaz Dec17,2023
Ngopi bareng di Rembang, Kaesang temui petani hutan semut ireng (Foto Syaiful Annaz/JATENG UPDATES)

JATENG UPDATES, Rembang – Ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mendadak dolan Kabupaten Rembang. Dalam acara ngopi bareng yang didatangi ribuan petani hutan dari organisasi semut ireng tersebut, suami Erina Gudono tersebut ingin bertemu dengan pendukung Presiden Jokowi.

Ngopi bareng tersebut digelar di Taman Pantai Kartini Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Sedangkan ribuan petani hutan yang memadati lokasi ngopi bareng, tidak hanya berasal dari Kabupaten Rembang, melainkan juga berasal dari Kabupaten tetangga seperti Kabupaten Blora, Pati, bahkan Dari Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

 

Putra bungsu presiden tersebut, menyatakan bahwa kedatangannya bukan sebagai Ketua Umum PSI, namun kedatangannya kali ini secara pribadi ingin menemui rakyat yang telah mendukung ayahnya yakni Presiden Jokowi.

 

“Saya ingin mendengarkan aspirasi masyarakat secara langsung,” jelasnya dalam sambutan, Minggu (17/12/2023).

 

Kaesang yang hadir didampingi istrinya, selain berdialog dengan petani, juga mendengarkan keluhan yang para petani hadapi. Diantaranya persoalan pupuk bersubsidi yang dalam distribusinya tidak merata.

Ngopi bareng di Rembang, Kaesang temui petani hutan semut ireng (Foto Syaiful Annaz/JATENG UPDATES)

“Kalau komunitas ada datanya komplit, KTP nya semua ada harus punya hak untuk pupuk subsidi,” terangnya.

 

Selain persoalan pupuk, Petani pun juga keluhkan perihal akses jalan yang memprihatinkan, penerbitan SK perhutanan social, dan permintaan bantuan tentang program agroforesty berupa bibit buah.

 

Kaesang pun menawarkan beberapa solusi diantaranya kerjasama dengan pihak ketiga, dan berupaya menyambungkan dengan pihak terkait untuk menjawab permasalahan para petani.

 

“Saya akan mengupayakan dengan dinas terkait, dengan pertanian, dengan LHK, ATR/BPR. Sehingga tidak ada konflik lain. Pokoknya kami mencoba pecahkan masalah itu satu persatu,” terangnya.

 

Sementara itu, Miarizky, Koordinator Semut Ireng Kabupaten Rembang mengatakan jika kegiatan ngopi bareng ini tidak ada kaitannya dengan partai ataupun Capres Cawapres.

BACA JUGA  PKB Blora : Pasangan Anies Dan Cak Imin Tak Gentar Hadapi Ganjar Dan Mahfud MD
Harsono Caleg PSI jateng 3 meliputi Kabupaten Rembang, Pati, Grobogan, Blora (Foto Syaiful Annaz/JATENG UPDATES)

“Mas Kaesang murni turun ke masyarakat mendengarkan keluh kesah petani hutan Rembang. Ini kita bikin kegiatan santai, yaitu Ngopi Bareng Mas Kaesang,” ungkapnya.

 

Mia melanjutkan jika kelompok penerima manfaat dari perhutanan sosial kurang lebih sebanyak 67.000. Hari ini yang datang 157 kelompok tani hutan dampingan Perkumpulan Rejo Semut Ireng.

 

“Selain Rembang juga terdapat perwakilan dari Kabupaten Pati, Blora dan Rembang. Beberapa juga perwakilan dari Pati dan Bojonegoro. Mereka sangat antusias dan berbondong-bondong menggunakan truk, bus mini. Ya seluruh kendaraan dipakai bahkan ada juga yang menggunakan kendaraan bermotor,” jelasnya.

 

Selanjutnya, pembina Rejo Semut Ireng Harsono mengaku bahwa kegiatan ini mendadak, persiapan hanya 2 hari. Pihaknya melakukan pengumpulan massa secara singkat dan ribuan massa memenuhi Taman Pantai Kartini.

 

“Acara memang mendadak. Kita mendengar Mas Kaesang turun ke Rembang. 2 hari ini kita melakukan koordinasi maka kita berangkatkan 1500 an petani hutan,” pungkasnya.