KKN-MB 032 IAIN Kudus Ajarkan Anak SDN Sumberagung Grobogan Rajin Menabung

JATENGUPDATES, GROBOGAN – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 032 IAIN Kudus melaksanakan sosialisasi gemar menabung dan menghias celengan di SDN 1 Sumberagung, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan menabung sejak dini serta meningkatkan kreativitas siswa dalam menghias celengan. Acara dimulai dengan pemaparan tentang pentingnya menabung dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua KKN 032, Ali Fahmi menjelaskan berbagai manfaat menabung, seperti persiapan untuk kebutuhan mendatang dan membangun kebiasaan keuangan yang sehat.

“Siswa-siswi terlihat antusias mendengarkan penjelasan dan banyak yang aktif bertanya mengenai cara menabung yang efektif,” ujarnya pada Sabtu 28 September 2024.

Setelah sesi pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi praktik menghias celengan. Setiap siswa menerima celengan kosong dan berbagai bahan untuk menghias, seperti cat, kertas warna, dan stiker.

“Dengan semangat, mereka mulai berkreasi dan menghias celengan sesuai dengan imajinasi masing-masing,” paparnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa tidak hanya memahami pentingnya menabung, tetapi juga merasa lebih terlibat dan termotivasi untuk mengumpulkan uang saku mereka.

KKN IAIN Kudus Kelompok 032 menjelaskan, semoga dengan kehadiran mereka dapat memberikan dampak positif bagi siswa SDN 1 Sumberagung dan membentuk kebiasaan menabung yang baik sejak dini.

“Dengan semangat yang tinggi, kelompok KKN berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan dan pengembangan karakter anak-anak di wilayah ini melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat dan melalui program kerja yang diberikan,” sebutnya.

Anggota KKN berkolaborasi dengan sekolah untuk menekankan bahwa menabung bukan hanya tentang menyimpan uang, tetapi juga tentang disiplin dalam perencanaan keuangan.

“Tak lupa untuk memberikan semangat, kami memberikan siswa siswi hadiah bagi 5 siswa yang mampu menyelesaikan hias celengan dengan cepat selama 30 menit. Terlihat mereka sangat bersemangat dan ini merupakan bentuk apresiasi,” tukasnya.

BACA JUGA  Owner Mine Skincare Rafi Mintardi Bagikan Pengalaman Bisnis di SMAN 2 Brebes

Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini dapat memotivasi siswa gemar menabung untuk menunjang masa depannya.

“Kami sangat bangga siswa tampak antusias untuk menabung demi target masa depan seperti liburan sekolah. Diharapkan sosialisasi ini berkelanjutan membentuk generasi muda penuh tanggung jawab,” tandasnya.

Selain itu, terdapat narasumber dari mahasiswa KKN 032 yakni Yasmine, Nila, Ani dan Mukhlas.

Sementara itu, Kegiatan yang dilakukan oleh tim KKN 032 mendapat respon yang sangat positif dari siswa. Mereka tidak hanya belajar tentang menabung, tetapi juga menikmati proses kreatif menghias celengan.

“Saya senang bisa menghias celengan saya. Sekarang saya lebih semangat untuk menabung!,” kata salah satu siswa, Bilqis